Contact us at sekolah_alfajri@yahoo.co.id

Thursday, January 12, 2006

SEKOLAHKU RUMAHKU

Begini rasanya sekolah di Al Fajri..........!

SEKILAS TENTANG AL FAJRI

Bermula dari terinspirasinya 3 figur pemerhati pendidikan akan tidak tersedianya Kelompok Bermain yang bernafaskan Islam, khususnya di daerah Bekasi Barat. Untuk itulah didirikan KB Al Fajri pada tahun 1993 yang berlokasi di Jl. Cemara Raya.
Dua tahun kemudian berkembang menjadi TK di Jl. Cemara I no 2, berdasarkan permintaan para orang tua murid yang merasa cocok dengan apa yang disajikan oleh Al Fajri.
Kurikulum dan metode pendidikan yang dilaksanakan Al Fajri terus membuahkan kebutuhan akan pendidikan SD dengan nafas yang sama. Sehingga tahun 1999 didirikanlah SD Al Fajri, yang telah terakreditasi pada tahun 2005, dengan nilai A.

VISI, MISI & NILAI AL FAJRI

VISI: Menjadi wadah untuk mempersiapkan khalifah masa depan yang bertanggungjawab terhadap Allah SWT, diri sendiri dan juga terhadap alam beserta segala isinya.

MISI:
* Menjadikan anak berketrampilan hidup.
* Menyiapkan anak menjadi penduduk dunia yang memiliki pribadi muslim prima.

NILAI: "Sekolahku adalah Rumahku", yang ditetapkan karena di Al Fajri kami percaya bahwa:
- Kami adalah satu keluarga besar.
- Sekolah adalah tempat yang aman dan nyaman.
- Sekolah adalah tempat belajar yang berarti, menantang dan dinamis.
- Suasana sekolah haruslah bersahabat, penuh kasih sayang dan penghargaan.

Oleh karena itu, kami setuju untuk:
” Selalu menghormati orang lain, diri sendiri dan lingkungan.
” Selalu menjaga keselamatan diri dan orang lain.
” Selalu berbuat dan berkata baik kepada sesama.
” Selalu bekerjasama.
” Selalu bersahabat dan bergembira.
” Selalu mencoba sekuat kemampuan.

KURIKULUM

Kurikulum diknas yang diintegrasikan dengan kurikulum Al Fajri yang berlandaskan pada kenyataan hidup dan bagaimana otak bekerja (brain-based learning), untuk mengembangkan ketrampilan pribadi muslim prima.

Konsep “Pribadi muslim prima” menurut Al Fajri :


METODE & STRUKTUR PEMBELAJARAN

Brain-based learning: Kami menggunakan salah satu prinsip belajar yaitu belajar berbasis otak karena prinsip belajar ini bersifat aman secara fisik dan psikis. Implementasinya di Al Fajri ada pada disain kelas yang terbuka yang memungkinkan setiap anggota sekolah berinteraksi sebagai satu keluarga besar (karena sesama muslim adalah saudara). Bagi Al Fajri menyediakan pilihan yang sesuai dengan Multiple Intelligences juga menjadi keharusan. Al Fajri percaya setiap otak adalah unik yang membuat setiap individu pintar dalam berbagai cara. Maka dari itu pula Al Fajri tidak menggunakan ranking dalam proses evaluasi belajar.


Montessori: Pemodelan adalah napas/jiwa dari proses pembelajaran di Al Fajri. Motto kami : sedikit bicara banyak bekerja. Al Fajri memiliki material Montessori yang penggunaannya memodelkan siklus kerja, yang memungkinkan anak mengembangkan ketrampilan dasarnya dalam berbahasa, bermatematika dan berolah diri. Kami menggunakan peralatan dan metode ini sejak awal Al Fajri berdiri, di 1993.


Integrated Thematic Learning: Al Fajri menggunakan metode dasar brain-based learning yang mengintegrasikan ketrampilan dan isi/kurikulum ke dalam tema penuh arti yang berkaitan erat dengan kehidupan nyata. Di Al Fajri anak mengeksplorasi sebuah tema yang memungkinkannya mengenal di manapun konsep-konsep dalam tema tersebut dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Anak belajar disiplin ilmu tertentu bukan dari buku, tetapi dari kehidupan nyata yang memperlihatkan pengaplikasian konsep-konsep dari disiplin ilmu tsb. Karena itu metode ini membuat anak merasa nyaman dan belajar dalam suasana yang menyenangkan.


Cooperative Learning: Al Fajri menggunakan struktur Cooperative Learning untuk mengembangkan kepekaan terhadap kebutuhan, masalah dan aspirasi orang lain dan juga kemampuan untuk menyesuaikan perilaku diri dalam bekerja secara efektif dengan orang lain. Struktur Cooperative Learning memungkinkan anak mampu mengembangkan ketrampilan yang dibutuhkannya untuk memenuhi tuntutan dari meningkatnya interdependensi secara ekonomi dan sosial di dunia ini. Hasilnya sikap kerjasama, empati serta sopan santun menjadi ciri khas yang muncul kuat dalam setiap diri anak didik Al Fajri .



FASILITAS & SARANA

Ruang belajar, yang didesain terbuka sesuai dengan nilai yang dianut Al Fajri, dimana sesama muslim adalah bersaudara dan disesuaikan pula dengan nafas "Sekolahku Rumahku". Keterbukaan kelas ini tidak berdampak menganggu konsentrasi anak didik antar kelas, karena struktur pembelajaran Cooperative Learning telah membentuk mereka untuk saling bertoleransi.

Ruang aktivitas, yang umumnya disebut laboratorium, oleh Al Fajri disebut sebagai Ruang Aktivitas karena bagi kami laboratorium yang sesungguhnya adalah lingkungan nyata anak didik itu sendiri. Yang disediakan khusus adalah ruang komputer, IPA, perpustakaan, dan peralatan musik (degung, arumba, angklung).

Ruang sosial, yang disediakan berupa UKS, multi purpose room (difungsikan untuk aula, ruang pertemuan dan ruang sholat jamaah), lapangan olahraga (dalam tahap renovasi).


EKSTRA & INTRAKURIKULER

Al Fajri menyediakan ekstra dan intrakurikuler sebagai berikut:

  • Iqro
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Jepang
  • Seni Tari Tradisional
  • Renang
  • Pramuka
  • Degung / gamelan Sunda
  • Silat
  • Karate
  • Dokter Kecil

PENDAFTARAN MURID BARU

  • Pendaftaran tahun ajaran 2006-2007 untuk KB, TK, dan SD dibuka mulai 1 Februari 2005.
  • Syarat pendaftaran: Laporan Perkembangan Murid (raport), ijazah / STTB, foto 3x 4 (2 buah).
  • Proses seleksi melalui tahap: interview, observasi kelas, tes tertulis.

Untuk info lebih lebih lengkap, hubungi Ibu May di Al Fajri.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home